Selasa, 02 Februari 2010

Utones, Mobile Advertising untuk Ponsel


VIVAnews - PT Indosat Tbk (Indosat) kembali meluncurkan layanan berbasis aplikasi berteknologi baru dan diklaim sebagai yang pertama di Indonesia, yaitu Utones (baca: Yutons).

Aplikasi dengan tampilan visual dalam format animasi (.gif) ini akan muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada pesan (SMS) atau panggilan telepon masuk (Incoming Call), yang berbarengan dengan nama atau nomor telepon pemanggil.

Melengkapi media mobile advertising yang telah dimiliki oleh Indosat, layanan ini merupakan media baru untuk i-klan (Mobile Advertising), seperti text messaging (SMS), MMS, dan WAP.

“Bila selama ini iklan yang dikirim ke ponsel pelanggan berupa tulisan, maka dengan Utones, iklan yang diterima pelanggan menjadi lebih atraktif karena menampilkan pop-up gambar iklan yang sebenarnya,” kata Guntur S Siboro, Chief Marketing Officer Indosat, pada keterangan resmi yang VIVAnews terima, 30 September 2009.

“Diharapkan, dengan adanya fitur yang menarik ini, pelanggan dan mitra dapat memanfaatkannya dalam mendukung kegiatan komunikasi mereka dengan variasi animasi pada layanan incoming Call dan SMS,” ucapnya.

Di beberapa negara lain, menurut Indosat, mobile advertising sudah mulai digemari, karena dianggap lebih praktis dan tepat sasaran. Mekanismenya, iklan langsung dikirimkan ke ponsel penerima sesuai dengan target market pemasang iklan.

Pemasang iklan bisa memilih iklan yang akan dikirimkan ke pelanggan yang ada di suatu wilayah tertentu, dengan spesifikasi kriteria pelanggan yang diinginkan, misalnya berdasarkan umur, pendidikan, atau jenis kelamin tertentu.

Terkait aplikasinya, Utones sendiri berbasis GPRS, dan bisa diinstal di ponsel yang menggunakan OS Symbian dan Windows Mobile. Layanan ini berlaku untuk semua pelanggan GSM Indosat.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, pelanggan perlu mengunduh dan menginstal aplikasi Utones ini di ponsel terlebih dulu. Untuk mengaktifkan Utones, pelanggan harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisi beberapa formulir yang terdapat pada aplikasi ini.

0 komentar: