Rabu, 17 Maret 2010

Mobile Advertising, Cara Promo yang Unik dan Prospektif


Mobile advertising termasuk model yang masih cukup baru di Indonesia, perkembangannya pun boleh dikatakan baru berjalan beberapa waktu belakangan ini. Namun para penyedia layanan mobile advertising, begitu antusias dan optimis, bahwa cara beriklan via media mobile ini akan menjadi tren kedepan dan merupakan alternatif bisnis yang prospektif. Bahkan bisa menjadi model yang sangat populer di Indonesia. Kedepan, para politikus pun bisa saja melirik cara ini untuk mempromosikan dirinya dalam berbagai pemilihan (pileg,pilgub,pilpres dll).

Kehadiran mobile advertising dilatarbelakangi oleh kian pesatnya densitas pengguna atau pelanggan telepon seluler di Indonesia, data menunjukkan bahwa pengguna telepon seluler mengalami pertumbuhan sekitar 30 prosen per-tahun. Perkembangan tersebut membuka peluang para pelaku bisnis layanan ini sebagai suatu sarana beriklan yang prospektif, bahkan bisa menggeser cara beriklan melalui media konvensional. Dengan eksploitasi yang cerdik, keunikan beriklan seperti ini dapat menghasilkan value added yang luar biasa.

Sementara mobile advertising di Indonesia nampaknya masih agak asing di telinga masyarakat awam, padahal secara tidak sadar mereka sudah menjadi sasarannya. Cara beriklan gaya ini memang baru mulai gencar diperkenalkan di Indonesia sekitar satu dua tahun lalu. Berdasarkan analisa yang dilakukan oleh salah satu pelaku bisnis yang menggunakan layanan ini, perkembangan promosi melalui mobile advertising mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan sudah mencapai diatas 9 juta pengguna telepon seluler, aktif menggunakan mobile internet.

Karena dipandang sifatnya yang lebih personal dengan melihat efektivitas komunikasi pemasaran yang lebih baik, dimana informasi dapat langsung diakses melalui telepon pribadi, sehingga segmentasi pasar dan komunikasi massal dianggap menjadi kurang efektif. Pada akhirnya mereka mulai melirik pada mobile media sebagai alternatif pemasaran brand yang lebih potensial. Cara ini mampu memberikan sarana kepada perusahaan untuk meraih target demografis pasar yang diinginkan, kapan saja dan dimana saja.

0 komentar: