Kamis, 28 Januari 2010

Indosat Bidik Iklan Ponsel Lewat Utones

Jakarta - Lewat teknologi visual Utones yang ditawarkan Indosat, setiap kali ada teks pesan singkat (SMS) atau panggilan telepon yang masuk ke ponsel pelanggan, bisa menjadi lahan bisnis mobile advertising baru.

Mobile advertising atau media beriklan melalui ponsel, di beberapa negara sudah mulai digemari karena lebih praktis dan tepat sasaran. Iklan langsung dikirimkan ke ponsel penerima sesuai dengan target market pemasang iklan.

Pun, pemasang iklan bisa memilih iklan yang akan dikirimkan ke pelanggan yang ada di suatu wilayah tertentu dengan spesifikasi kriteria pelanggan yang diinginkan. Misalnya, berdasarkan umur, pendidikan, atau jenis kelamin tertentu.

Nah, dengan 28,9 juta pelanggan yang dimiliki, jelas Indosat menilai mobile advertising sebagai potensi bisnis yang menggiurkan. Terlebih, ponsel merupakan media yang hampir tak pernah tidur dan selalu dibawa ke mana saja oleh sang empunya.

Itu sebabnya Indosat merilis aplikasi layanan Utones. Aplikasi ini berbentuk tampilan visual dalam format GIF animation yang akan muncul di layar ponsel pelanggan setiap kali ada SMS atau panggilan telepon masuk.

Menurut Chief Marketing Indosat, Guntur Siboro, teknologi aplikasi Utones melengkapi fitur value added services untuk mobile advertising i-klan yang telah dimiliki oleh Indosat, seperti SMS, MMS dan WAP.

"Apabila selama ini iklan yang dikirim ke ponsel pelanggan berupa tulisan, maka dengan Utones iklan yang diterima pelanggan menjadi lebih atraktif karena menampilkan pop-up gambar iklan yang sebenarnya," jelasnya kepada detikINET, Rabu (30/9/2009).

Aplikasi Utones sendiri berbasis GPRS, dan bisa diunduh dan di-instal di ponsel yang menggunakan sistim operasi Symbian dan Microsoft Mobile. Layanan ini berlaku untuk semua pelanggan seluler berbasis GSM.

Guntur menjelaskan, keuntungan yang diterima pelanggan setelah mengaktifkan layanan Utones adalah mendapat poin apabila iklan muncul di layar ponsel saat ada panggilan dan SMS masuk.

Poin yang diberikan kepada pelanggan atas penerimaan iklan bernilai Rp 50 yang dapat diakumulasikan dan ditukar dengan pulsa Indosat dan merchant-merchant tertentu. Pelanggan juga akan mendapatkan tambahan bonus SMS jika mengirimkan aplikasi Utones ini kepada pengguna Indosat lainnya.

"Utones, dan mobile advertising pada umumnya, akan membuat semua pihak mendapat keuntungan. Pemasang iklan akan mendapat alternatif lain media beriklan yang efektif dan tepat sasaran, sedangkan bagi pelanggan keuntungannya berupa bonus poin dan SMS serta variasi layanan berupa pop-up iklan yang atraktif," jelas Suharso W. Sulistyo, Group Head Value Added Service Indosat.
( rou / faw )

0 komentar: